Selasa, 18 Agustus 2020

Kritik Berujung penjara?

Jerinx SID


Pada dasarnya mengkritik itu boleh saja, kebebasan berpendapat bukan berarti bebas berbicara seenaknya tetap ada norma kesopan-satunan yg wajib dijaga. lalu bisakah kita mengkritik tanpa melanggar norma-norma tersebut jawabannya adalah BISA BANGET, bagaimana caranya? cukup hindari menggunakan kata-kata yg merendahkan atau mudahnya, jangan gunakan kata-kata yg akan membuat anda marah jika kata-kata tersebut di tujukan pada orang tua anda. simple kan? 

tenaga kesehatan ada yg tidak bisa memeluk anaknya selama berbulan-bulan, ada yg gagal menikah, bahkan ada yg meninggal. ya benar tenaga kesehatan juga manusia ada saja yg nakal atau melakukan kesalahan, ya mungkin ada perusahaan farmasi yg tidak benar tapi bukan berarti anda bisa ngomong seenaknya menuduh sana sini tanpa bukti. BUKAN HANYA anda yg mengalami kesulitan selama pandemi. semua orang juga ingin hidup normal memangnya enak kerja seharian dengan menggunakan APD?

Nah mengenai kampanye jrx yg terkesan menentang protokol kesehatan di klaim untuk memperjuangkan rakyat kecil. jrx bersuara agar kita tidak perlu takut pada covid 19 tidak perlu menggunakan masker karena masker adalah simbol tirani dll bahkan sempat panas dengan mbok niluh djelantik. jrx berjuang agar warga bisa hidup bebas seperti sebelum pandemi. menurut saya sekilas gerakan ini terkesan heroik dan sangat memihak rakyat kecil padahal gerakan ini justru bisa saja berdampak buruk pada pariwisata Bali.

Bali tentu ingin segera menarik wisatawan untuk berkunjung agar ekonomi segera pulih, nah agar dilirik oleh wisatawan entah itu mancanegara atau wisatawan lokal tentu harus ada jaminan yg dipenuhi, tidak beda jauh dengan menjual barang selain jaminan kualitas tentu harus ada jaminan keamanan.

"VISIT BALI, DON'T WORRY DIJAMIN AMAN KARENA SELURUH STAFF HOTEL, GUIDE, PETUGAS BAHKAN WARGANYA DISIPLIN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN"

ATAU

"VISIT BALI, DON'T WORRY TIDAK PERLU TAKUT DENGAN COVID-19 KARENA TINGKAT KEMATIAN HANYA 5%"

tingkat kematian 5% inilah yg paling sering saya dapat jika berdebat dengan mereka yg percaya teori konspirasi entah benar atau tidak saya tidak tau.

dari 2 tagline diatas kira-kira mana yg bisa menarik wisatawan? belum lagi jika Bali mendapat travel warning karena di cap tidak aman. iya pariwisata di buka tapi masalahnya cukupkah jumlah wisatawan yg datang? cukupkah uang yg mengalir masuk? cukupkah tamu yg datang agar setidaknya hotel-hotel bisa membayar gaji pegawainya?

JJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar