Rabu, 19 Agustus 2020

Sejarah Pribumi Amerika, Leluhur Migrasi Dari Australia Dan Asia

Bagaimana awalnya sejarah pribumi Amerika berkembang? Peradaban Amerika Utara berkembang sejak 5000 tahun yang lalu. Populasi meningkat di beberapa wilayah termasuk pantai Pasifik utara dan barat. Saat itu perkembangan budaya dan perdagangan meluas, nenek moyang mereka diduga telah menyeberangi Selat Baring dari Asia ribuan tahun yang lalu. 
Kisah ini tidak hanya dibuktikan dari bukti arkeologis, tetapi legenda banjir besar juga ada berasal dari sana. Ketika banjir besar melanda, leluhur mereka melarikan diri ke bukit-bukit yang tinggi, dan berlindung di gua-gua. Legenda itu mengatakan adanya kedatangan makhluk bertubuh besar, mereka mengatakan bahwa makhluk itu mengenakan jubah putih panjang. 

Sejarah Pribumi Amerika
Amerikanska folk, Wikimedia Commons
Salah satunya adalah suku Mandan Indian mengatakan bahwa leluhur pertama mengenakan pakaian yang terbuat dari kulit serigala putih, sosok ini menyelamatkan penduduk dari banjir. Dia disebut Manaboza atau Michabo, atau kelinci Putih besar yang menyilaukan. Legenda ini diyakini dalam tradisi penduduk asli Amerika, termasuk dalam aspek religius suku Cherokee.

Sejarah Pribumi Amerika

Ditahun-tahun itu dunia dalam kekacauan, Karibia terkena imbas banjir di beberapa pulau. Menurut Paul Dunbavin, hutan bakau yang ditemukan 5000 tahun lalu di kedalaman 3 meter Pulau Bimini menerangkan adanya banjir di Karibia. Bukti ini berbentuk sepatu kuda, tampak jelas bagaimana ombak besar menerjang Karibia. 
Menurut suku Hopi di Amerika Utara, leluhur mereka tinggal di gua-gua tertentu dan kemudian menjadi pemukiman penduduk pribumi Amerika Tengah. Tetapi menurut tradisi, tidak seorang pun bisa menemukan gua ini karena kasat mata. Gua ini digambarkan dalam bentuk arsitektur sakral seperti Chichen Itza. Brazil mempunyai sejarah masyarakat tradisional yang tinggal di hutan.Sejarawan telah menemukan enam piramida berada di hutan dekat sisi timur Andes, juga ditemukan sekitar pantai selatan Brazil. Usia tertua diperkirakan sudah didirikan 5000 tahun lalu, disana juga ada jejak peradaban.
Ada lagi kisah tradisi suku Muiska Kolombia yang disebut Bochica. Sosok ini berpenampilan kulit putih dan berjenggot panjang, jubah panjang dan membawa tongkat. Dia tiba-tiba muncul di dataran tinggi, lalu mengajarkan leluhur berburu, bertani, dan membangun rumah.Sementara suku Inca juga menceritakan kisah yang mirip, sosok itu disebut Viracocha.

Baca juga: Sejarah Gurun Sahara Terbentuk Dari Hujan Pasir

Kisah-kisah legenda rata-rata menceritakan sejarah pribumi Amerika dengan alur yang mirip, hanya berbeda dalam penyebutan. Semua berawal dari banjir besar yang menghancurkan dunia, membuat leluhur mereka migrasi dari daerah yang ditenggelamkan dan membangun peradaban dari awal sekitar tahun 3000 SM.

Referensi

  • American Indians in the Pacific, by Thor Heyerdahl, George Allen and Unwin Limited, 1952.
  • Myths of the Americas, by Daniel.G.Brinton, Multimedia Publishing Corp.
  • Secret Cities of South America, by Harold T Wilkins, Rider and Company, 1950

Tidak ada komentar:

Posting Komentar